27.7 C
Jakarta
Sunday, September 26, 2021

Cara Mengobati Mata Bengkak dengan Mudah

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

Cara Mengobati Mata Bengkak dengan Mudah
Mata menjadi alat penglihatan yang sangat penting bagi manusia. Tetapi mata juga organ yang sensitive terhadap iritasi sampai menimbulkan bengkak. Ada 10 cara untuk mengobati mata bengkak dengan mudah.
Pengobatan mata bengkak bisa Kamu lakukan dirumah dengan bahan yang mudah. Bahkan beberapa bahan sudah pasti ada di rumah. Sehingga dalam pengobatan mata bengkak tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.
Inilah Beberapa Cara Mengobati Mata Bengkak
Sebelum mengobati, ada beberapa penyebab mata bengkak yang perlu diketahui. Mata bengkak bisa disebabkan karena iritasi, bisul, kurang tidur hingga menyebabkan lelah. Inilah 10 cara mengobati mata bengkak yang bisa Kamu lakukan:
1. Kompres air hangat
Kompres air hangat bisa mengobati mata bengkak karena bintitan. Mata yang bintitan bisa terasa perih dan mengganjal. Apalagi jika bintitan bisa membuat gatal, pasti sangat risih. Cara kompres air hangat dengan kain. Lakukan 4-5 kali sehari agar bengkak semakin kecil.
Kompres air hangat bisa membuat mata lebih rileks. Sehingga mata akan lebih ringan dan tenang.
2. Kompres dengan es batu
Mata bengkak juga bisa dikompres dengan benda dingin. Caranya dengan menempelkan es batu ke mata. Es batu bisa mengurangi pegal pada mata. Sehingga dapat membuat mata lebih segar kembali.
Kompres es batu bisa dilakukan sebanyak mungkin. Tetapi beri jeda jika mata sudah mulai terasa sangat dingin. Diamkan beberapa saat agar saraf mata kembali normal. Setelah itu Kamu bisa melakukan kompres kembali.
3. Gunakan tetes mata
Tetes mata bisa digunakan untuk meringankan iritas akibat debu atau alergi. Iritasi bisa menyebabkan mata merah dan bengkak. Bahkan mata juga bisa berair akibat iritasi benda yang sedikit tajam.
Mata iritasi juga bisa disebabkan karena shampoo atau sabun. Jika hal itu terjadi, segeralah mencuci mata dengan air bersih. Sehingga tidak akan mengakibatkan iritasi yang parah.
4. Gunakan teh
Teh bisa digunakan untuk meringankan kelopak mata yang bengkak. Kantong teh yang sudah diseduh bisa Kamu tempelkan pada area mata yang bengkak.
Teh bisa membuat mata menjadi tenang. Sehingga penglihatan bisa lebih segar jika dikompres dengan teh.
5. Jaga kebersihan mata
Mata yang bengkak harus dijaga kebersihannya. Sebab mata bengkak bisa ditimbulkan karena iritasi dari benda luar. Iritasi mata juga bisa berair, hal itu merupakan respon dari mata.
Cara menjaga kebersihan mata bisa mencuci mata dengan air bersih. Selain itu pijat lembut mata beberapa menit agar rileks.
6. Tidur yang cukup
Tidur yang cukup bisa mengurangi mata bengkak. Mata yang selalu kekurangan tidur bisa cepat lelah dan memberikan efek gelap pada bawah mata.
Bahkan tidur yang kurang bisa membuat mata merah dan perih akibat kelelahan. Istirahat perlu dilakukan 8 jam sehari. Tidur yang cukup juga memberikan istirahat pada organ tubuh yang lainnya setelah beraktivitas seharian.
7. Penerangan yang cukup
Ruangan yang memiliki cahaya gelap bisa membuat mata cepat lelah. Mata yang lelah bisa menjadi bengkak. Apalagi jika mata dipaksakan untuk melihat buku.
Mata juga bisa bengkak karena durasi melihat gadget yang lama. Bahkan mata bisa rusak jika melihat gadget di tempat yang gelap.
Maka perhatikan penerangan saat melakukan aktivitas. Jika mata lelah Kamu bisa istirahat sebentar dengan menutup mata beberapa detik.
8. Bengkak karena bisul
Bisul juga bisa muncul dimata dan menyebabkan nyeri dan perih. Kamu bisa kompres bisul dengan air hangat agar bengkak mereda. Obati bisul dengan salep agar cepat pecah dan mengecil.
Jika bisul terjadi pada mata, jangan sering memegang bisul. Sebab bisul merupakan bakteri. Jika bisul memiliki nanah segeralah periksa ke dokter.
9. Pakai kacamata
Jika Kamu harus melakukan aktivitas keluar rumah saat mata bengkak, memakai kacamata bisa mencegah bengkak semakin parah. Udara luar memiliki debu yang bisa membuat mata iritasi. Sehingga perlu perlindungan agar mata bengkak tidak terkena debu.
Kacamata juga melindungi Kamu dari orang yang ditemui. Sehingga mereka tidak akan tahu jika mata Kamu sedang bengkak. Setelah selesai beraktivitas, cuci wajah dan mata dengan bersih. Kamu bisa memakai tetes mata agar mengurangi debu.
Itulah 10 cara mengobati mata bengkak dengan mudah bisa Kamu lakukan dirumah. Mata bengkak yang terus diabaikan bisa mengurangi kualitas penglihatan. Jika bengkak masih terus membesar, segera konsultasi ke dokter. Sebab mata adalah organ yang penting pada manusia.

See also  Info Haji 2021
- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here