Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Selamat datang di artikel Cara Membuat Surat Lamaran Kerja. Di artikel ini, kami akan membahas mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Mengirimkan surat lamaran kerja adalah salah satu cara untuk melamar pekerjaan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa surat lamaran kerja yang Anda kirimkan berisi informasi yang relevan dan benar.

Surat lamaran kerja harus memuat informasi penting tentang diri Anda, seperti riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut.

Surat lamaran kerja yang baik dan benar akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan wawancara kerja dan, akhirnya, pekerjaan yang Anda lamar.

Di artikel ini, kami akan menguraikan langkah-langkah untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Kami juga akan berbagi beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Setelah membaca artikel ini, Anda akan memahami cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Langkah-langkah Mempersiapkan Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Cari informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan keinginan Anda.

2. Pelajari secara detail profil pekerjaan dan deskripsi tugas yang terkait.

3. Buat daftar kualifikasi dan pengalaman yang sesuai dengan profil pekerjaan yang dicari.

4. Pilih salah satu format surat lamaran kerja yang dapat digunakan.

5. Buat daftar riwayat hidup yang menyoroti kualifikasi dan pengalaman Anda yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

6. Buat daftar referensi yang dapat membantu mengkonfirmasi pengalaman Anda dan kualifikasi.

7. Sesuaikan surat lamaran kerja Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar.

8. Jelaskan jawaban Anda untuk setiap pertanyaan yang terkait dengan pekerjaan yang dilamar.

9. Periksa kembali surat lamaran kerja Anda untuk mencari kesalahan ejaan atau kesalahan lainnya.

10. Kirim surat lamaran kerja dan CV Anda kepada perusahaan yang Anda lamar.

Tips dan Trik Mengisi Surat Lamaran Kerja

1. Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan posisi yang Anda lamar. Hal ini akan membantu Anda memahami apa yang diharapkan dari pelamar dan memastikan bahwa Anda memenuhi syarat.

2. Tulislah surat lamaran kerja yang menarik. Mulailah dengan menyebutkan informasi kontak Anda, kemudian berikan alasan mengapa Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan.

3. Jelaskan pengalaman Anda dan kemampuan yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jelaskan juga bagaimana pengalaman Anda dan kemampuan tersebut dapat membantu perusahaan.

4. Buatlah daftar riwayat pekerjaan Anda. Pastikan untuk menyajikan data dengan jelas dan akurat. Gunakan bahasa yang benar dan beri tahu pengalaman yang sudah Anda miliki yang dapat membuat Anda menonjol di antara pelamar lainnya.

5. Tetapkan tujuan Anda dalam surat lamaran kerja. Beritahu perekrut Anda apa yang Anda inginkan dari pekerjaan tersebut.

6. Tutup surat lamaran kerja Anda dengan mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk melamar. Beri tahu perekrut Anda bahwa Anda siap untuk berbicara lebih lanjut tentang posisi yang Anda lamar.

Cara Efektif Menyusun Surat Lamaran Kerja

1. Gunakan salam atau ucapan selamat seperti “Selamat Sore” atau “Salam Hormat” di bagian pembuka surat.

2. Sebutkan tujuan surat Anda dalam kalimat singkat. Misalnya, “Saya menulis untuk melamar pekerjaan sebagai [posisi yang dilamar] di [nama perusahaan].”

3. Jelaskan alasan Anda mengajukan lamaran pekerjaan.

4. Sebutkan kualifikasi/pengalaman yang relevan yang Anda miliki.

5. Sertakan referensi Anda yang dapat dihubungi jika diperlukan.

6. Terima kasih penerima surat atas waktu dan perhatiannya.

7. Tutup surat dengan menyebutkan nama Anda dan tanda tangan jika surat dikirim secara fisik.

8. Sertakan kurikulum vitae Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaik

Yth.

Pimpinan PT. ABC

Jalan Kebon Sirih No. 123

Jakarta

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, [nama], berusia [usia] tahun, dengan alamat [alamat lengkap], ingin melamar untuk posisi [posisi yang dilamar] di PT. ABC.

Saya memiliki pengalaman kerja [jelaskan pengalaman kerja Anda] dan memiliki pengetahuan [jelaskan pengetahuan Anda] yang akan bermanfaat bagi perusahaan. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta dapat bekerjasama dengan tim maupun individu.

Saya juga memiliki keterampilan [jelaskan keterampilan Anda] yang akan membantu saya dalam menyelesaikan segala tugas yang dipercayakan. Saya yakin bahwa saya dapat membantu PT. ABC mencapai tujuannya.

Saya mengerti bahwa saya harus bekerja keras dan berdedikasi pada pekerjaan saya. Jika saya diterima, saya akan berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Bila berkenan, saya sangat berharap untuk dapat menjelaskan lebih jauh tentang diri saya pada waktu yang tepat.

Saya menunggu balasan positif dari Anda.

Hormat Saya,

[tanda tangan]
[nama]

Aplikasi dan Template Surat Lamaran Kerja Gratis

Template Surat Lamaran Kerja Gratis

[Nama]
[Alamat]
[Tanggal]

Kepada Yth,

[Nama Perusahaan]
[Alamat]

Dengan hormat,

Saya [Nama], seorang [Kualifikasi/Posisi] yang berpengalaman yang menulis surat ini untuk mengajukan lamaran kerja di [Nama Perusahaan].

Saya memiliki pengalaman [jelaskan pengalaman Anda] dan telah berhasil mencapai [jelaskan hasil yang anda capai]. Selain itu, saya telah memperoleh [jelaskan pendidikan/sertifikasi/pelatihan yang Anda miliki].

Saya yakin bahwa dengan keterampilan dan pengalaman saya, saya dapat membantu [Nama Perusahaan] untuk mencapai tujuan-tujuan mereka. Saya sangat antusias untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan] dan berharap untuk memberikan hasil yang memuaskan.

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang informasi saya, silahkan hubungi saya di [nomor telepon] atau melalui email di [alamat email].

Terima kasih atas kesempatan ini.

Hormat saya,

[Tanda Tangan]
[Nama]

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah dengan menyusun surat lamaran yang rapi dan jelas, menyertakan data diri yang lengkap dan akurat, memilih bahasa yang baik dan sopan, dan juga menyertakan dokumen pendukung yang diperlukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pelamar kerja akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk lolos dalam seleksi kerja.