Info Haji 2021: Mulai dari Persyaratan hingga Cara Daftar

Informasi berkaitan keberangkatan haji telah menyebar di beberapa media dunia. Ada banyak negara yang larang atau menggagalkan keberangkatan haji. Tetapi ada pula negara yang membolehkan keberangkatan haji.
Di Indonesia sendiri informasi haji 2021 yang tersebar yakni keberangkatan haji sah diurungkan atau dilarang. Peraturan ini tertera dalam keputusan menteri agama republik Indonesia nomor 660 tahun 2021 yang dikeluarkan di tanggal 3 Juni 2021.
Untuk Anda yang mempunyai gagasan untuk pergi beribadah haji tahun ini tetapi terlambat, tak perlu sedih, karena peraturan ini akan diperbaharui dan diperhitungkan kembali saat kondisi (virus Covid-19) telah memungkinkannya untuk dilaksanakan kegiatan haji.
Untuk Anda yang ingin lakukan registrasi haji pada pembahasan berikut ini akan diuraikan berkenaan informasi haji 2021tentang syarat dan tata langkah registrasi haji.
Syarat dan Langkah Daftar Haji Komplet 2021
Berikut keterangan informasi haji 2021khususnya berkaitan syarat dan cara mendaftar haji yang bisa Anda kenali.

  1. Datang ke bank dengan bawa arsip syarat yang telah ditetapkan.
    Cara awalan yang perlu dilaksanakan untuk lakukan registrasi haji yakni dengan tiba ke bank. harus dipahami untuk registrasi haji tahun 2021 Anda harus lakukan setoran awalnya sekitar 25 juta.
    Bila anda menanyakan mengapa harus 25 juta yang disetor? Apa faksi bank akan ambil keuntungan dari setoran ini? Jawabnya ialah TIDAK. Setoran sejumlah 25 juta bukan disuruh oleh faksi bank tetapi jadi ketetapan yang dikeluarkan oleh kementerian agama.
    Uang 25 juta ini nanti akan dipakai sebagai setoran awalnya BPIH ke rekening Menteri Agama. Dengan demikian anda tak perlu cemas, karena kehadiran uang anda bisa terjaga.
    Selainnya uang 25 juta ada syarat yang lain perlu Anda persiapkan salah satunya di bawah ini.
    a. Fotokopi jati diri. Jati diri yang dipakai ya itu KTP, SIM atau paspor.
    b. Fotokopi NPWP
    Sesudah semua syarat Anda penuhi karena itu, seterusnya faksi bank akan membantu Anda untuk lakukan:
    a. Pengisian formulir registrasi untuk pembukaan rekening tabungan haji.
    b. Memberikan setoran awalnya sebesar rp50.000. Setoran awalnya ini akan dipakai untuk pengisian saldo pada rekening.
    c. Apabila pembayaran pelunasan pembayaran uang keberangkatan haji telah lunas karena itu pemilik rekening dikenai ongkos sebesar rp50.000 untuk penutupan rekening.
    d. Apabila di masa datang rekening yang anda punyai hancur, Anda dapat membuat kembali di bank dan bayar uang sejumlah rp10.000.
    Jika proses pembikinan rekening dan syaratnya telah anda melengkapi dan sukses diolah oleh faksi bank karena itu seterusnya Anda akan terima selembaran syarat baru yang perlu ada melengkapi untuk registrasi reguler haji di kantor kementerian agama.
  2. Melengkapi syarat yang diberi oleh faksi bank untuk registrasi ke kementerian agama
    Syarat yang penting anda persiapkan untuk daftar haji di kementerian agama diantaranya di bawah ini.
    a. fotokopi rekening tabungan haji yang awalnya telah anda bikin di bank sekitar 2 helai
    b. Fotokopi jati diri ( KTP) beberapa 5 helai. KTP harus di foto copy sisi depan dan belakang KTP.
    c. Fotokopi ijazah/ akte lahir / buku nikah sekitar 2 helai
    d. Fotokopi kartu keluarga sekitar 2 helai
    e. Fotokopi Surat Info sehat yang berisi info berkaitan: berat tubuh, tinggi tubuh, dan kelompok darah yang do foto copy sekitar 2 helai
    f. Pas photo terkini ukuran 3 x 4 sekitar 17 helai dan pas-foto terkini ukuran 4 x 6 sekitar 3 helai.
    g. Map. Untuk ketetapan warna map akan disamakan dengan peraturan yang di tetapkan oleh faksi bank. Malam hari ini akan langsung diberikan oleh faksi bank sesudah anda usai lakukan pembukaan rekening tabungan haji.
    h. Apabila syarat telah tercukupi, Anda Harus tiba kembali lagi ke bank untuk lakukan proses klarifikasi arsip.
  3. Menerima arsip validasi dari bank untuk dibawa ke Kantor Kementerian Agama
    Sesudah syarat diperlengkapi semua, karena itu faksi bank akan memberi beberapa document atau arsip yang yang perlu kamu membawa ke kantor kementerian Agama. Document yang hendak diberi oleh faksi bank ke anda diantaranya
    a. Slip atau tanda terima setoran awalnya sebagai bukti bila jika anda telah menyerahkan uang sejumlah 25 juta sekitar 1 helai.
    b. Lembar validasi sekitar 1 helai. Helai validasi jadi bukti jika anda telah lengkapi semua syarat document yang diperlukan.
    c. Surat kuasa dari bank asli (dengan materai) sekitar 1 helai.
    d. Surat pengakuan bank asli (dengan materai) sekitar 1 helai.
  4. Mendatangi kantor kementerian Agama
    Seterusnya Anda langsung bisa bertandang ke kantor kementerian Agama. A dapat tiba di kantor kementerian Agama kota atau Kabupaten. Di kantor kementerian Agama anda akan disuruh untuk lakukan pengisian formulir untuk penerbitan surat registrasi pergi haji (SPPH), ambil photo dan sidik jemari dan penandatanganan document SPPH.
    Demikianlah rincian berkenaan informasi haji 2021 berkaitan tata langkah registrasi komplet dengan syaratnya. Mudah-mudahan info pada artikel ini dapat berguna.
Baca Juga  Cara Daftar NPWP Di Kantor Pajak Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *