Info Denda Telat Bayar Pajak STNK Terupdate

Seperti dijumpai denda terlambat bayar pajak STNK (Surat Pertanda Nomor Kendaraan)dikenakan untuk aktor harus PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Yang mana dijumpai menunggak bayar pajak tiap tahunnya. Sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009, sedianya masa aktif STNK dan TNKB sepanjang lima tahun. Dan harus pajak secara legitimasinya tiap tahun saat membayar PKB.
Banyak yang menanyakan, bagaimana triknya bayar tunggakan harus pajak dan dendanya? Pertanyaan itu ada karena ingin ketahui, bagaimana triknya dan berapakah besaran nilai dendanya saat akan melunasinya. Pada intinya denda pajak STNK sebagai ancaman administratif untuk yang menunggak harus pajak kendaran bermotor. Yang mana tidak selaras ataukah telat dalam pembayarannya.
Saat anda nanti mengunggak harus pajak PKB, karena itu suudah semestinya anda bayar pajaknya dan denda ancaman ketertinggalannya. Untuk besaran nilai denda harus pajak PKB, umumnya bergantung peraturan pemerintahan. Hal itu diperkokoh karena ada Undang-Undang nomor 28 tahun 2009 berkenaan Pajak Wilayah dan Retribusi Wilayah pasal 95. Yang menjelaskan sesungguhnya ketetapan nilai pajak wilayah dapat diputuskan berdasar ada ketentuan wilayah.
Nilai Denda Terlambat Bayar Pajak STNK Berdasar Peraturan Pemerintahan.
Berkaitan nilai denda terlambat bayar pajak STNK yang harus dibayarkan, sesuai ketentuan wilayah yang berjalan . Maka kelak saat anda bayar PKB yang sesuai STNK, tentu nilai dendanya diikutkan. Kemudian STNK punya anda dikasih cap atau stempel sebagai legitimasinya. Saat anda lupa atau mungkin tidak bayar PKB sesuai saat yang ditetapkan, karena itu STNK anda dipandang tidak syah. Karena itu selalu cek masa aktif STNK anda secara periodik, agar tak lupa untuk bayar PKB.

  1. Besaran nilai denda saat terlambat bayar pajak STNK, bergantung pada tunggakan pajak PKB anda. Perlu anda kenali, bila cuman telat satu hari saja, karena itu anda diberi kemudahan tak perlu membayar dendanya. Namun bila anda telat atau menunggak pembayaran PKB lebih dari satu hari, karena itu denda telah masuk perhitungan sebulan. Nach jikamana anda telat sebulan lebihnya sehari, karena itu denda masuk perhitungan 2 bulan . Maka anda harus betul-betul tahu dan memahami tentang ini.
  2. Selanjutnya untuk anda yang telat bayar pajak STNK 2 hari sampai sebulan. Umumnya berdasar peraturan pemerintahan cuman membayar denda sebesar 25 %. Denda itu disaksikan dari besaran nilai pajak yang harus anda bayarkan. Dalam pada itu, bila telat lebih dari 2 bulan lama waktunya, karena itu selainnya denda diharuskan untuk membayar SWDKLLJ (Bantuan Harus Dana Kecelakaan Lalu Lintasi Jalan).
  3. Berdasarkan nilai besaran SWDKLLJ yang telah tercantum dalam Permenkeu (Ketentuan Menteri Keuangan) RI Nomor 36/PMK.010/2008 keluar tanggal 26 Februari 2008. Untuk pajak kendaraan tipe motor, denda SWDKLLJ sebesar 32 ribu rupiah. Sementara untuk kendaraan tipe mobil sebesar 100 ribu rupiah. Itu yang perlu anda bayar selainnya denda ketertinggalan bayar pajak.
  4. Untuk proses pembayaran pajak PKB dan dengan denda terlambat bayar pajak STNK sangat gampang. Anda sebagai aktor harus pajak tinggal isi formulir yang sudah disiapkan oleh petugas SAMSAT (Mekanisme Administrasi Manunggal Satu Atap). Disamping itu, anda pun diwajibkan bawa foto copy KTP anda atau pemilik kendaraan, selanjutnya STNK dan BPKB. Yang mana dapat anda berikan ke loket kantor SAMSAT yang sudah ditetapkan.
  5. Bilamana anda telah memperoleh surat ketentuan pajak, seterusnya anda harus membayar denda ketertinggalan dan SWDKLLJ. Sesudahnya silakan diambil arsip yang telah anda berikan dengan memberikan bukti pembayaran lunas berkaitan tunggakan. Awalnya anda harus cermat lebih dulu, apa arsip itu punya anda sendiri. Karena yang bernama manusia tentunya anda khilafnya, terkadang yang diambil atau dibawa bukan punya kita.
  6. Sebelum anda membayar denda ketertinggalan pajak PKB dan SWDKLLJ. Bila belum mengetahui, sebaiknya anda tanya ke petugas berkaitan. Tak perlu anda takut maupun malu untuk menanyakan ke petugas. Karena telah sebagai salah satunya servis dari kantor SAMSAT yaitu layani segenap hati.
  7. Nah jikamana anda telah memahami dan telah usai berkaitan proses itu. Karena itu anda dapat ambil surat pembayaran pajak wilayah PKB/BBN-KB yang sudah disiapkan di loket. Apabila sudah diambil, seterusnya dapat lakukan pembayarannya di kasir. Dengan demikian anda nanti dapat bawa pulang bukti fisik STNK kendaraan punya anda yang telah anda bayarkan pajak barusan.
    Satu kewajiban untuk Masyarakat Negara Indonesia untuk bayar pajak. Apa lagi pajak kendaraan motor, yang notabene selalu dipakai untuk bekerja. Perlu anda ingat, bila tidak mau terkena denda terlambat bayar pajak STNK, ya harus bayar on time.
Baca Juga  Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Cara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *