Gelombang 17 Prakerja Diumumkan, Sudah Tahu Cara Mengikuti Pelatihannya?

Hasil penyeleksian Gelombang 17 Prakerja sudah dipublikasikan pada Kamis, (10/06/2021) lewat account sah Instagram @prakerja.go.id. Disamping itu, untuk beberapa pendaftar yang dipastikan bisa lolos penyeleksian akan memperoleh pemberitahuan lewat SMS. Informasi ini bisa juga disaksikan lewat situs program Kartu Prakerja www.prakerja.go.id.
Program Kartu Prakerja gelombang ini dibuka sebagai tambahan untuk mengembalikan kepersetaan yang ditarik pada gelombang 12-16. Kepersetaan sempat ditarik ini karena beberapa peserta tidak selekasnya beli training dalam waktu 30 hari. Adapun paket pada gelombang ini tidak sekitar awalnya. Ini dikatakan oleh Head of Communications Management Eksekutor Program Kartu Prakerja.
“Sekitaran 44.000 (red. peserta) hanya karena mengembalikan kepersetaan yang ditarik dari gelombang 12-16”, jelas Louisa Tuhatu, Head of Communications Management Eksekutor Program Kartu Prakerja.
Beberapa warga mengeluh jika mereka gagal lolos pada program Kartu Prakerja. Ada banyak persyaratan yang penting jadi perhatian saat sebelum mendaftarkan program ini. Ada banyak daftar terlarang yang jangan ikuti program ini.
Daftar terlarang atau blacklist ini sebagai kelompok siswa/mahasiswa, anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, atau direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN/BUMD. Kelompok yang lain jangan mendapatkan kontribusi Prakerja adalah yang menerima bansos dari pemerintahan. yang menerima kontribusi ini misalnya adalah yang menerima DTKS, BSU, atau BPUM.
Kebenaran data ini akan dilihat berdasar Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) memakai data Dukcapil. Dengan begitu, manipulasi di proses penyeleksian tidak kemungkinan terjadi.
Selainnya proses administrasi, pendaftar Kartu Prakerja harus juga kerjakan test penyeleksian. Test penyeleksian ini mencakup test pengetahuan umum, akademis, keadaan ekonomi, dan beberapa pertanyaan mengenai arah mendaftarkan program ini.
Cara Ikuti Program Training Gelombang 17 Prakerja
Untuk peserta yang dipastikan bisa lolos, berikut sebagai tingkatan ikuti program training dari Kartu Prakerja:

  1. Cek dasbor situs account Prakerja untuk menyaksikan tersedianya dana training
  2. Pilih salah satunya langkah pembelian program training lewat beberapa e commerce yang telah dipilih seperti Bukalapak , tokopedia dan lain-lain.
  3. Jika belum mempunyai account dari situs itu, buat lebih dulu untuk beli program training
  4. Sebelum beli training pertama, saksikan video mengenai program Kartu Prakerja di dasbor
  5. Pilih program training sesuai ketertarikan dan keperluan
  6. Beli program training dan bayar memakai saldo training Kartu Prakerja
  7. Masukkan nomor Kartu Prakerja untuk beli program training
  8. Selesaikan program training yang diputuskan supaya dana stimulan bisa selekasnya cair
    Yakinkan untuk beli program training dalam waktu kurang dari 30 hari. Bila lebih dari itu, karena itu kepersetaan Kartu Prakerja akan ditarik. Selalu menjaga kerahariaan nomor Kartu Prakerja supaya tidak disalahpergunakan orang tidak bertanggungjawab.
    Peluang terima kartu Prakerja cuman diberi 1x sepanjang umur. Oleh karena itu, janganlah sampai kehilangan peluang bernilai ini karena lupa. Ini karena banyak peserta yang mendaftarkan dan gagal lolos. Bahkan juga beberapa sudah menanti seringkali untuk terima program Kartu Prakerja ini.
    Menurut Louisa, gelombang 17 Prakerja sebagai yang paling akhir pada semester pertama di 2021. Adapun untuk pembukaan gelombang seterusnya tidak dapat ditegaskan ketersediannya.
    “Kami masih menanti instruksi dari Komite Cipta Kerja”, papar Louisa dikutip dari Kompas.com.
    Bila ingin mendaftarkan untuk gelombang seterusnya, penting diingat jika satu KK cuman dapat digunakan optimal 2 NIK saja. Oleh karena itu, pakai kesempatan kali ini semaksimal kemungkinan untuk menambahkan ketrampilan. Sesudah menuntaskan training, uang stimulan akan diberi sejumlah Rp600.000 /bulan sekitar 4x.
    Pemberian uang stimulan ini diharap bisa dipakai sebagai modal untuk mengawali usaha baru. Disamping itu, diharap uang stimulan ini bisa menolong warga yang tidak bekerja untuk memehuhi tuntutan hidup setiap hari.
    Untuk peserta yang sudah bisa lolos pada penyeleksian gelombang 17 Prakerja, uang stimulan dapat tidak berhasil cair karena kekeliruan administrasi. Berikut tiga hal yang dapat buat uang stimulan Prakerja tidak berhasil cair:
  9. Nomor smartphone belum tercatat
    Yakinkan untuk memakai nomor smartphone yang dipakai untuk e-wallet. Bila belum mempunyai, berharap terlebih dahulu mendaftarkan account salah satunya e-wallet yang berpartner dengan Prakerja.
  10. NIK berlainan
    Peserta Prakerja jangan memakai NIK seseorang untuk mendaftarkan. Bila diketemukan ketidaksamaan di antara NIK di e-wallet dengan Prakerja, karena itu stimulan tidak cair.
  11. E-wallet belum up-grade
    Uang stimulan Prakerja bisa juga tidak berhasil cair bila e-wallet yang digunakan belum up-grade atau terkonfirmasi. Yakinkan untuk mengonfirmasi account lebih dulu dengan photo KTP dan swafoto bersama KTP.
    Selamat untuk beberapa yang menerima Kartu Prakerja gelombang 17. Untuk yang belum untung, masih tetap ada peluang pada gelombang seterusnya.
Baca Juga  Cara Daftar UMKM Tahap 3 Secara Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *