Panduan Cara Perpanjang Paspor,Bisa Dilakukan Secara Online Lho!

Sama seperti dengan Kartu Pertanda Warga atau KTP, Paspor sebagai salah satunya document penting yang harus kamu punyai terlebih bila kamu akan pergi ke luar negeri. Kamu tidak dibolehkan berkunjung satu negara tanpa paspor. Paspor mempunyai masa aktif di mana saat masa aktif habis kamu harus lakukan ekstensi. Lantas bagaimanakah cara ekstensi paspor? Apa susah?
Di zaman yang telah serba digital ini, pengurusan administrasi makin gampang. Saat ini kamu dapat perpanjang Paspor lewat cara online. Ini pasti benar-benar mempermudah hingga tak perlu berbaris lama dan berdesakan. Kamu dapat mengurusinya di dalam rumah atau dimana saja yang kamu ingin. Cukup duduk manis dan isi formulir, dan usai dech!
Lebih Ringkas! Langkah Memperpanjang Paspor Secara Online
Paspor mempunyai masa aktif paling lama sepanjang lima tahun dihitung semenjak tanggal diedarkannya. Ini berlaku untuk paspor biasa atau paspor electronic (e-paspor). Tetapi berita baiknya, nantinya masa aktif paspor mulai berlaku jadi sepuluh tahun. Bila masa aktif paspor yang kamu punyai akan selekasnya usai, proses ekstensi paspor dapat kamu kerjakan minimum enam bulan seblum masa aktif paspormu usai.
Di atas telah dikasih tahu bila sekarang proses ekstensi Paspor bisa dilaksanakan lewat cara online. Tetapi ada banyak tingkatan di mana kamu perlu kerjakan dengan langsung seperti dalam interviu, ambil photo, dan memberikan arsip document. Kamu masih tetap wajib melakukannya dengan berkunjung Kantor Imigrasi yang telah diputuskan saat lakukan pengisian formulir online.
Untuk memperjelasnya, berikut tutorial lakukan ekstensi Paspor online terkini dan terkomplet.

  1. Download program “Service Paspor Online” di Playstore atau Appstore, program ini sebagai program sah di bawah pemantauan dan pengendalian Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI.
  2. Buat account dan daftarkan diri, yakinkan identitas yang kamu masukan telah sesuai document sah. Beberapa document yang harus buat kamu siapkan seperti KTP, paspor lama, kartu keluarga, akte kelahiran, atau ijazah.
  3. Pilih Kantor Imigrasi, sesuai yang diterangkan di atas walau lewat cara online tetapi kamu harus tetap berkunjung Kantor Imigrasi untuk lakukan beberapa alat rekaman kelengkapan document. Kamu dapat pilih Kantor Imigrasi paling dekat dengan rumah atau domisilimu sekarang ini.
  4. Pilih jumlah pemohon dan waktu kehadiran, kamu dapat mengecek berapakah jumlah paket pendaftar yang ada di agenda yang ada. Kemudian kamu dapat pilih menu jam kehadiran, apabila sudah kamu dapat pilih pilihan Lanjut untuk cara seterusnya.
  5. Simpan bukti registrasi, bukti registrasi ini akan dipakai saat kamu berkunjung Kantor Imigrasi. Bukti pendafataran yang kamu peroleh akan berbentuk code QR yang berada di dalam program Service Paspor Online. Kamu dapat memperlihatkan code QR ke petugas Kantor Imigrasi ketika telah agendanya.
  6. Datang ke Kantor Imigrasi sesuai agenda yang telah diputuskan dengan bawa kelengkapan arsip document asli dan foto copy. Dianjurkan untuk tiba memakai baju rapi berkerah untuk kebutuhan ambil photo nanti.
  7. Tunjukkan code QR ke petugas supaya kamu ditujukan untuk lakukan pengurusan ekstensi Paspor. Umumnya petugas akan memberi formulir yang nanti akan dipakai untuk validasi, apabila sudah komplet karena itu kamu akan memperoleh nomor barisan untuk lakukan photo, interviu, dan ambil sidik jemari.
  8. Setelah usai lakukan ambil photo dan wawanca, karena itu kamu akan diberi sebuah slip untuk membayar ekstensi paspor. Sesudah bayar karena itu proses ekstensi paspor usai, dan kamu perlu menanti sepanjang 3-4 hari kerja untuk selanjutnya ambil paspor baru di Kantor Imigrasi yang serupa dengan proses pembikinan.
    Itu ia tutorial komplet untuk lakukan ekstensi Paspor yang dapat kamu kerjakan kapan saja dan dimana saja. Bila paspor telah maka kamu bisa juga minta ke Petugas Kantor Imigrasi untuk mengirim paspor ke alamatmu . Maka kamu perlu duduk manis sekalian menanti paspor berada di tanganmu. Untuk ongkos ekstensi paspor diawali dari Rp 100.000 sampai Rp 600.000 bergantung tipe paspormu.
    Nach, gampang dan ringkas sekali kan langkah memperpanjang paspor lewat cara online? Dengan demikian kamu dapat pergi nyaman ke luar negeri dech . Maka, negara mana yang hendak kamu datangi dengan paspor barumu?
Baca Juga  Cara Bernazar Agar Dikabulkan Sesuai Dengan Syariat Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *