Cara Ganti Nama KTP Harus Sesuai Prosedur

Bagaimana bila nama anda yang tertera di KTP (Kartu Pertanda Warga) berlainan dengan Akta Kelahiran dan KK (Kartu Keluarga)? Tentunya ada kesalahan dalam menulis entahlah itu abjadnya, penyuaraannya dan lain-lain. Sudah pasti anda harap-harap kuatir, bagaimanakah cara tukar nama KTP? Mirip contoh, bila nama anda di akta kelahiran dan KK ialah Aji Nugroho, tetapi pada KTP anda tercatat Aji Nugroho.
Memang kelihatan remeh dan tanpa kita ketahui, namun hal itu sangat penting. Bila setiap saat dipakai sebagai syarat administrasi. Walau juga remeh ada kesalahan penulisannya, menukar nama KTP anda harus betul-betul sama sesuai proses. Yang mana telah tercantum dalam UU (Undang-Undang) nomor 23 tahun 2006, berkenaan administrasi kependudukan.
Disamping itu tercatat di Ketentuan Presiden persisnya nomor 25 tahun 2008. Berkenaan syarat dan tata langkah registrasi warga pendataan sipil. Karena itu dalam pergantian nama di KTP tidak langsung jadi langsung saat tiba ke Dispendukcapil di tempat. Untuk anda yang ajukan pergantian nama, harus ada surat penentuan sah dari faksi Pengadilan Negeri di tempat.
Langkah Tukar Nama KTP Harus Ada Surat Penentuan Pengadilan Negeri
Karena itu, anda harus cermat kembali pada memerhatikan nama anda atau nama bagian keluarga anda. Supaya tidak keliru dalam penulisannya. Jika sudah telanjur keliru dalam penulisannya,sudah pasti anda harus jalani proses langkah tukar nama KTP sesuai proses. Yang penting anda kerjakan ialah tiba ke pengadilan negeri di tempat dengan kepentingan minta ada surat sah penentuan pergantian nama.
Apabila sudah anda dapatkan surat itu seterusnya anda dapat tiba ke kantor Dispendukcapil. Nach untuk di Proses di Pengadilan Negeri berkenaan surat sah penentuan, persyaratan dan ketetapannya seperti berikut:

  1. Silahkan anda tiba ke kantor kelurahan atau balai dusun di tempat. Dengan kepentingan minta surat pengantar berbentuk surat info dari kelurahan atau dusun. Tentunya surat info berkenaan peralihan nama anda. Saat anda ke kelurahan atau balai dusun di tempat, janganlah lupa bawa Akta Kelahiran dan KK asli atau foto copy. Prosesnya tidak memerlukan waktu, anda tinggal nantikan sesaat saja tentu terus selesai.
  2. Fotocopi akta kelahiran. Untuk Akta Kelahiran ini sangat penting, karena jadi jati diri kita sejak dilahirkan. Dimulai dari hari, tanggal, pasaran jawa, tahun, jam, selanjutnya nama semua tercantum dalam Akta Kelahiran. Oleh karenanya, tiap nama orang tentunya berdasar pada Akta Kelahiran.
  3. Fotocopi Kartu Keluarga. Nach Kartu Keluarga sebagai identitas penting dalam sekeluarga. Ada nama ayah, ibu, dan anak-anak didalamnya . Maka sebetulnya KK sama Akta Kelahiran sangat terkait. Apa lagi sama KTP, yang notabene data KTP diambil dari KK dan Akta Kelahiran. Bila ada kekeliruan nama sudah pasti benar-benar dibutuhkan beberapa data yang ada di Akta Kelahiran atau KK.
  4. Fotocopi KTP Wali atau Orang Tua yang ajukan surat penentuan di Pengadilan Negeri. Saat anda ajukan surat penentuan di Pengadilan Negeri, karena itu diperlukan yang bernama Wali atau Orang Tua . Maka sebaiknya anda mengikutkan fotocopi KTP Wali atau Orang Tua anda.
  5. Fotocopi Buku Nikah Orang Tua. Selainnya KTP orangtua, dalam penentuan di Pengadilan Negeri memerlukan yang bernama Fotocopi Buku Nikah Orang Tua. Fotocopi itu dipakai untuk administrasi dan bukti fisik. Bila nanti ditanyakan menjadi ketentuan yang syah. Langkah tukar nama KTP tidak gampang.
  6. Materai 10.000 dibarengi cap pos dan tersegel. Memang untuk mendapat surat sah penentuan itu tidak gampang. Beberapa data yang anda saran harus sama sesuai dan benar. Untuk itu mengapa harus dibarengi materai 10.000 di cap pos. Karenanya demikian anda nanti dapat diminta pertanggung jawaban sebagai pengajuan ketentuan.
  7. Bilamana anda telah sukses mendapat surat sah penentuan pergantian nama. Seterusnya silakan anda proses ke kantor Disepedukcapil di tempat. Yang mana anda kelak ke situ bukan hanya bawa surat sah penentuan dari pengadilan negeri saja. Ada banyak arsip data yang perlu anda persiapkan dan membawa ke kantor Dispendukcapil.
  8. Seperti Surat Akta Kelahiran, KK dan KTP yang asli atau fotocopi. Dari arsip yang telah anda persiapkan, nanti dapat anda berikan ke petugas loket. Yang mana nanti dicheck langsung oleh Kasi Dispendukcapil. Bila dirasakan arsip anda telah komplet dan benar, karena itu anda siap lakukan register dan administrasinya. Dengan demikian anda nanti telah mempunyai KTP yang benar sesuai nama anda.
    Oleh karenanya, nama bukan hal yang remeh. Sebagai jati diri seorang dan penting untuk administrasi surat menyurat. Karena itu bila anda kesalahan nama anda di KTP selekasnya anda urus. Langkah tukar nama KTP dapat anda dalami di atas barusan. Mudah-mudahan berguna.
Baca Juga  Daftar Rahasia Games yang Baru Terlewati Sesudah Bertahun-Tahun Launching

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *