Cara Daftar CPNS 2021 Lulusan SMK

Sekarang ini menjadi CPNS bukan hanya dari kalangan lulusan Sarjana saja. Tetapi lulusan SMK pun juga bisa melamar pada sejumlah formasi yang sudah dihadirkan. Setidaknya kamu hanya perlu memiliki sertifikasi yang dibutuhkan. Artikel kali ini menyajikan sebuah informasi penting terkait cara daftar CPNS 2021 lulusan SMK. Mungkin banyak yang merasa penasaran melalui alur yang perlu dilewati.

Apalagi kebanyakan dari kamu mengira bahwa lulusan SMK itu tidak bisa mendaftar CPNS. Padahal ada beberapa formasi yang membutuhkan lulusan tersebut. Adapun contoh jabatan khusus bagi kamu lulusan SMK yakni penyuluh kehutanan, penjaga rumah tahanan,pekerja sosial, pemadam kebakaran, pengamat gunung api bahkan polisi kehutanan. Kali ini calon pendaftar seleksi CPNS 2021 bisa memulai dengan mempersiapkan semua berkas yang dibutuhkan.

Adapun beberapa berkas yang perlu kamu penuhi selama pendaftaran diantaranya:

  • Kartu tanda penduduk dalam bentuk file scan
  • Pas foto selfie swafoto
  • File ijasah asli dan fotokopi
  • Transkip nilai asli
  • Dokumen pendukung yang lainnya sesuai syarat instansi yang didaftar

Usahakan mempersiapkan semua berkas yang dibutuhkan agar nantinya semakin mudah melakukan pendaftaran. Konon cara daftar CPNS 2021 lulusan SMK ini sebetulnya terbilang mudah bahkan bisa dipahami oleh siapa saja. Kali ini kamu bisa mengunjungi situs resmi https://sscasn.bkn.go,id. Dapatkan semua informasi penting yang sedang kamu butuhkan.

Cara termudah daftar CPNS 2021 lulusan SMK

Jika memang kamu berkeinginan mendaftar CPNS tahun 2021 ini. Alangkah baiknya mengakses laman SSCASN. Disana kamu bisa membuat akun yang nantinya dipergunakan untuk login. Supaya lebih jelas sebaiknya simak cara daftar CPNS 2021 lulusan SMK berikut ini:

  • Akses laman https://sscasn.bkn.go.id
  • Ketika sudah membuat akun selanjutnya kamu bisa login. Isikan biodata serta unggah swafoto yang sudah diminta oleh sistem.
  • Jika sudah sebaiknya memilih jenis seleksi serta formasi yang diinginkan menurut kualifikasi pendidikan.
  • Mengunggah file ataupun dokumen yang telah diminta oleh sistem sebagai syarat pendaftaran menurut bidang yang sudah dipilih.
  • Akhiri pendaftaran kemudian cetak kartu informasi akun sekaligus kartu pendaftaran akun.
  • Data kamu nantinya bakalan diperiksa. Jika memang lulus berarti kamu sudah melewati tahap seleksi administrasi hingga mampu mengikuti tahapan selanjutnya yakni seleksi kompetensi dasar.
  • Apabila lulus SKD kamu mampu mengikuti sebuah seleksi Kompetensi Bidang.
  • Pengumuman terkait hasil seleksi akhir bakalan diumumkan. Apabila lulus nantinya kamu hanya perlu mempersiapkan semua berkas yang sudah diminta oleh instansi.
Baca Juga  Cara Daftar CPNS 2021 Lulusan SMA Paling Mudah dan Tepat

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai cara daftar CPNS 2021 lulusan SMK. Dimana siapa saja bisa mencoba peruntungan ini. Tidak ada salahnya mencoba, siapa tahu rezeki kamu diterima menjadi anggota CPNS tahun 2021.

Pendaftaran CPNS 2021 ini kabarnya memang mengalami beberapa kali penundaan. Kabarnya selesi bakalan ditargetkan pada akhir bulan Juni. Seleksi pun hanya akan dilakukan melalui satu portal yakni sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN melalui sebuah link sscasn.bkn.go.id. Proses seleksi CPNS ini terdiri atas tiga tahapan yakni seleksi adminstrasi, selesi kompetensi dasar bahkan seleksi kompetensi bidang. Sudah seharusnya kamu melalui ketiga tahapan tersebut hingga akhirnya bisa mendapatkan hasil lolos atau tidaknya.

Semua orang pastinya berkeinginan diterima menjadi CPNS tahun 2021. Meskipun lulusan SMK sekalipun ternyata juga dibutuhkan untuk beberapa formasi yang ada. Usia yang disyaratkan supaya mampu mendaftar CPNS bagi WNI ini minimalnya berusia 18 tahun dan maksimalnya 35 tahun ketika melamar.

Kualifikasi pendidikan yang ada dalam seleksi CPNS 2021 ini terdiri dari jenjang SMK ataupun sederajat, Diploma,Sarjana bahkan Magister disesuaikan menurut kebutuhan yang ada. Setidaknya sampai dengan saat ini sudah tersedia 2 instansi yang mampu menerima pendaftaran CPNS untuk lulusan SMK maupun SMA. Instansi yang pertama asalnya dari Kementerian Perhubungan dengan kebutuhan formasi sekitar 2.445 terdiri atas lulusan SMK serta sederajat hingga S2.

Instansi yang kedua tentu saja Basarnas dengan adanya kebutuhan 27 formasi jabatan. Dari jumlah yang ada lulusan SMK dibutuhkan dalam formasi jabatan sebagai Nakhoda, Rescuer Pemula, Masinis, Juru ,Minyak, Juru Mudi,Mualim bahkan Markonis. Biasanya agar mampu mendaftar diperlukan sertifikat khusus yang harus kamu penuhi. Semoga dengan adanya pembahasan di atas mampu memberikan banyak wawasan bagi siapa saja. Termasuk untuk kamu yang berkeinginan mendaftarkan diri pada seleksi CPNS tahun 2021 ini.

Baca Juga  Apa Itu Badal Haji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *