5 Langkah Jitu untuk Bisnis Pertanian Organik

Bisnis Pertanian Organik – Bisnis pertanian merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menarik untuk anda jalankan.

Dan peluang bisnis pertanian dengan cara teknik menanam secara organik ini, merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Hal ini dikarenakan untuk bisnis pertanian organik ini, memang memiliki pangsa pasar yang tinggi, mengingat semakin hari semakin banyak masyarakat yang tumbuh kesadaran untuk hidup sehat, dan beralih untuk memilih aneka jenis produk organik.

Langkah Bisnis Pertanian Organik

Bisnis Pertanian Organik
Bisnis Pertanian Organik

Hal ini tentu saja bisa menjadi salah satu peluang usaha tersendiri yang bisa anda jadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan, jika anda memulainya dengan berbagai macam langkah yang benar.

Banyak hal yang mesti anda perhatikan untuk memulai bisnis pertanian organik ini. Diantara prosesnya adalah penyiapan lahan, penanganan hama, perawatan dan masih banyak beberapa cara lainnya mengenai langkah-langkah untuk berbisnis pertanian organik ini.

Hal ini sangat penting untuk dipikirkan, agar nantinya bisnis anda bisa berjalan dengan sukses. Berikut ini adalah beberapa langkah jitu untuk bisnis pertanian organik yang sudah lokerwilayah.com rangkum dan bisa anda coba jalankan.

1. Penyiapan lahan

Yang pertama adalah anda mesti menyiapkan lahan dengan baik,dan pastikan bahwa pupuk yang anda gunakan merupakan pupuk yang alami, tanpa bahan kimia sintesis.

Selain itu, lingkungan sekitar yang hadir dengan pencemaran zat kimia ini, juga bisa mempengaruhi kondisi lahan anda.

Untuk pemilihan pupuk organik, anda bisa memilih beberapa jenisnya seperti dari timbunan daun, hingga kotoran hewan ternak, hal ini akan mendukung lahan pertanian anda menjadi lebih organik.

2. Pikirkan kondisi pengairan

Selain lahan, kondisi pengairan juga merupakan hal yang mesti benar – benar dipikirkan oleh anda para pelaku bisnis pertanian organik.

Pengairan menjadi salah sau faktor yang bisa mendukung suksesnya program pertanian anda.

Selain itu, pastikan sumber air yang akan anda jadikan sebagai sumber pengairan ini bebas dari resiko pencemaran, dan tida mengandung residu bahan kimia.

Sehingga akan menghasilkan produk pertanian organik yang baik.

3. Perhatikan pupuk

Pemupukan merupakan hal yang sangat penting untuk anda lakukan untuk menghasilkan tanaman yang subur.

Tentu saja untuk pertanian organik dengan pertanian non organik, jenis pupuknya memang berbeda.

Biasanya, pupuk untuk pertanian organik ini, berjenis pupuk hijau, pupuk kandang, hingga pupuk kompos, dan tentu saja bebas dari pupuk bahan kimia.

4. Pengendalian hama dan penyakit

Tanaman memang tidak lepas dari adanya serangan hama dan penyakit. Hal ini tentu saja akan menjadikan ancaman tersendiri untuk kehidupan tanaman anda.

Anda bisa menerapkan pengendalian hama terpadu, seperti memanfaatkan varietas yang cocok untuk rotasi tanaman, hingga menerapkan kultir terkinis, dan menerapakn sebuah ekosistem pertanian yang beragam.

5. Penanganan Pasca Panen

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis pertanian organik adalah penanganan pasca panen.

Buah dan sayuran yang dipanen biasanya dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan kotoran.

Air yang digunakan untuk membersihkan harus bernar-benar air bersih dan tentunya air tersebut bebas dari berbagai bahan kimia berbahaya.

Itulah beberapa langkah jitu yang bisa anda coba lakukan untuk memulai bisnis pertanian organik yang bisa anda coba jalankan.

Jangan menyerah jika gagal, suatu usaha umumnya akan menemui sebuah kegagalan, namun tentunya anda harus semangat dan tekun dengan usaha yang telah anda mulai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.